Cari Blog Ini

Jumat, 07 Maret 2014

SEJARAH KERAJAAN SINGOSARI (KEN AROK)



Setelah berakhirnya kerajaan kediri, kemudian berkembang kerajaan singosari. Pusat kerajaan sinosari kira-kira terletak di dekat kota Malang, Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Ken Arok.
Menurut kitab Pararaton, Ken Arok adalah anak seorang petani dari desa Pangkur, disebelah timur gunung Kawi, Daerah Malang. Ibunya bernama Ken Endok.
Diceritakan bahwa pada masih bayi Ken Arok diletakan oleh ibunya disebuah makam. Bayi ini kemudia ditemu oleh seorang pencuri, bernama Lembong. Akibat dari didikan dan lingkungan keluarga pencuri maka KenArok pun menjadi orang jahatyangmenjadi buronan pemerintah kerajaan kediri.
Suatu ketika Ken Arok bertemu dengan pendeta Lohgawe. Ken Arok berkata ingin menjadi orang baik, kemudian dengan perantara Lohgawe Ken Arok diabdikan kepada seorangAkuwu bupati)Tumapel bernama TunggulAmetung.
Setelah beberapa lama mengabdi di Tumapel, Ken Arok mempunyai keinginan untuk memperistri Ken Dedes, yang sudah menjadi istri Tunggul Ametung. Kemudian timbul niat buruk dari Ken Arok untuk membunuh tunggul ametung agar Ken Dedes dapat diperistri olehnya. Ternyata benar tunggul ametung dibunuh oleh ken arok dengan keris empu gadring. Setelah tunggul ametung terbunuh, ken arok menggantikan sebagai penguasadi tumapel danmemperistri ken dedes. Pada waktu diperistri ken arok, kendedes sudahmengandung 3bulan, hasil perkawinan dengan tunggul ametung.
Pada waktu itu tumapel hanyadaerah bawahan raja kertajaya dari kediri. Ken arok ingin menjadi raja maka ia merencanakan menyerang kediri. Pada tahun 1222 M ken arok atas dukungan para pendeta melakukan serangan ke kediri. Raja kertajaya dapat ditaklukan oleh ken arok dalam pertempuranya di ganter dekat pujon Malang. Setelah kediri berhasil ditaklukan maka seluruh wilayah kediri dipersatukan dengan tumapel dan lahirlah kerajaan SINGASARI.
Setelah berdiri kerajaan singasari, ken arok tampil sebagai raja pertama. Ken arok sebagai raja bergelar sri ranggahrajasa sang amurwabumi. Ken arok memerintah selama lima tahun. Pada tahun1227M Ken arok dibunuh oleh seorang pengalasan atau pesuruh dan batil, stas perintah Anuspati. Anuspati adalah putra dari ken dedes dengan tunggul ametung.jenazah ken arok dicandikandi Kagenengandalam bangunan perpaduan syiwa-budha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar